Tips dan Trik Cara Merawat Kucing Anggora, Persia dan Lainnya

Tuesday, October 29, 2013

Tips Cara Merawat Kucing Persia

Tips Cara Merawat Kucing Persia - Sebagai salah satu jenis kucing yang berharga mahal, Kucing Persia memang cukup ideal jika dijadikan hewan peliharaan karena keindahan bulunya yang panjang dan lebat. Tetapi karena keindahan bulunya itulah kita sebagai pemilik harus melakukan perawatan khusus agar bulunya tidak rusak dan sehat.

Sesungguhnya, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk merawat kucing persia asal kita tahu tips dasar perawatan kucing persia. Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat kucing persia yang bisa anda lakukan di rumah:


Cara Merawat Kucing Persia

  1. Sisir atau sikat bulu kucing setiap hari. Karena memiliki bulu yang panjang, maka kegiatan menyikat atau menyisir bulu kucing harus dilakukan idealnya 2x sehari. Apalagi hewan ini mempunyai keterbatasan untuk merapikan dan merawat bulu mereka sendiri.
    Gunakan sisir logam atau sisir untuk kucing yang bisa anda beli di PetShop untuk mencegah kusut dan agar bulu mereka tetap terlihat bersih dan indah.
  2. Menyeka bulu kucing dengan tissue bayi agar tetap bersih dari debu. Penggunaan tissue bayi ini agar bulu mereka tetap harum dan tidak menimbulkan alergi pada kulit.
  3. Salah satu masalah yang terjadi pada kucing persia adalah dengan saluran air mata mereka. Kucing yang mempunyai masalah ini biasanya jenis kucing persia peaknose extrem yang sering mengeluarkan air mata. Jika hal ini terjadi pada kucing milik anda, pastikan anda membersihkannya dengan tisssue mata yang cocok. Bersihkan juga daerah hidung si kucing.
  4. Pastikan memberikan makanan bergizi dengan nutrisi yang tepat. Jangan sampai salah dalam memberikan makanan ini karena bisa saja terjadi masalah yang tidak diinginkan. Jangan memberikan ikan asin karena ikan asin dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing persia.
  5. Pastikan anda memandikannya satu atau dua minggu sekali. Keramaslah bulu kucing dengan shampoo khusus.
  6. Jaga kebersihan kandang kucing. Kucing persia salah satu jenis hewan pemilih, mereka tidak menyukai tempat yang kotor. Jadi lakukan kebersihan kandang, peralatan makan serta tempat membuang kotoran mereka secara rutin.
  7. Periksa secara rutin kesehatan kucing ke dokter hewan. Pastikan apakah kucing anda memerlukan vaksinasi atau tidak.
  8. Ajaklah kucing anda bermain-main agar kucing anda aktif dan lincah.
  9. Salah satu kegiatan agar nereka tetap sehat adalah dengan membiasakan kucing berjemur. Lakukan kegiatan ini di pagi hari.
Nah, itulah beberapa tips cara merawat kucing persia yang bisa anda lakukan dirumah. Jika masih kurang, di lain kesempatan saya akan menambahkan beberapa tips lagi atau anda bisa melengkapinya dengan berkomentar di blog ini. Semoga bermanfaat

Tips Cara Merawat Kucing Persia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Rustandi

0 comments:

Post a Comment