Tips dan Trik Cara Merawat Kucing Anggora, Persia dan Lainnya

Thursday, November 14, 2013

Cara Merawat Kucing Anggora Tanpa Ribet

Cara merawat kucing Anggora sesungguhnya tidak terlalu berbeda dengan cara merawat kucing persia. Meskipun hampir sama namun biasanya ada perbebedaan dalam pelaksanaannya tergantung dari siapa pemilik kucing tersebut.



Nah untuk merawat hewan yang satu ini, saya punya sedikit panduan yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda. Berikut adalah cara merawat kucing Anggora yang saya bagi menjadi tiga bagian:

  1. Kebersihan Kandang
    Kandang yang bersih dan nyaman tentu akan membuat si penghuni kandang betah berada di dalamnya. Jadi, biasakan anda membersihkan kandang setidaknya 3 kali dalam seminggu. Bentuk dan ukuran kandang juga perlu diperhatikan. Sesuaikan antara berat badan kucing anggora dengan kandangnya. Contoh, jika berat badan mencapai 4 kg maka panjang ideal dari kandang tersebut adalah 90cm dengan lebar 60cm dan tinggi 50cm. Bahan atau material yang dijadikan kandang juga harus diperhatikan. Sebaiknya gunakan kandang yang terbuat dari alumunium agar terhindar dari karat. Atau anda bisa juga menggunakan kandang yang terbuat dari kayu yang sudah dilapisi coating agar tidak mudah dimakan rayap.
  2. Makanan dan Suplemen
    Berikan kucing kesayangan anda makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi untuk kesehatan bulunya. Atur pemberian makanan sehari 3 kali. Hindari makanan kaleng atau makanan kucing yang bersifat wet food karena kurang baik bagi kesehatan bulu serta kulit kucing.

    Jika anda suka memberikan susu, jangan terlalu berlebihan untuk porsinya dan jangan sekali-kali memberikan susu yang biasa dikonsumsi manusia untuk hewan peliharaan anda karena akan menimbulkan penyakit pencernaan seperti mencret.
  3. Kesehatan
    Inilah faktor terpenting yang harus anda perhatikan. Kebersihan kuku, telinga, bulu dan vaksinasi harus teratur anda lakukan. Untuk merawat bulunya, anda bisa menyisirnya 2 kali sehari. Gunakan sisir khusus untuk kucing. Potong kuku kucing dengan gunting kuku khusus untuk kucing. penggunaan gunting kuku yang biasa digunakan manusia bisa menyebabkan kuku kucing pecah.

    Jangan lupa bersihkan secara berkala telinga kucing. Anda bisa melakukannya 2 - 4 minggu sekali atau jika dirasa telinga kucing sudah kotor. Sedangkan untuk vaksinasi, anda harus mengikuti jadwal di bawah ini:

    Umur 8-10 minggu
    • Pemeriksaan umum
    • Pemberian Obat cacing
    • Vaksinasi  Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)

    Umur 12-14 minggu
    • Pemeriksaan umum
    • Vaksinasi  Ulangan (booster) Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) Atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)

    Umur 20 minggu
    • Pemeriksaan umum
    • Vaksinasi Rabies. Setelah ini vaksinasi untuk booster diulang sekaligus (rabies + tricat/tetracat) setiap tahun

    Khusus Untuk kucing umur lebih dari 6 bulan yang belum pernah di vaksin sekalipun
    • Pemeriksaan umum
    • Vaksinasi  Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) Atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)
    • Vaksinasi Rabies
Selanjutnya vaksinasi dianjurkan diulang sekali setiap tahunnya untuk menjaga kandungan/titer antibodi dan kekebalan tetap tinggi.   

Demikian beberapa tips cara merawat kucing anggora. Semoga informasi ini bisa membantu anda agar hewan kesayangan anda tetap sehat dan lincah.

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Cara Merawat Kucing Anggora Tanpa Ribet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Rustandi

0 comments:

Post a Comment